Sunday, 6 March 2011

BLACK ORGANIZATION

Organisasi Hitam (黒の組織 kuro no soshiki) atau Organisasi Berbaju Hitam (bahasa Inggris: 'Black Organization', disingkat: BO) adalah sebuah organisasi yang berperan sebagai antagonis utama dalam serial anime/manga Detektif Conan. Organisasi ini melakukan tindakan kriminal untuk berbagai alasan, dari pemerasan, pencurian, hingga pembunuhan. Organisasi ini bekerja dengan sangat teliti sehingga hampir tidak ada barang bukti yang dapat menunjukkan bahwa merekalah yang bersalah. Anggota Organisasi ini yang paling pertama kali muncul adalah Gin dan Vodka yang bertanggungjawab atas mengecilnya tubuh detektif SMU Shinichi Kudo.

Organisasi ini terdiri dari beberapa anggota yaitu :

Anggota aktif

Big Boss

Big Boss adalah pemimpin dari Organisasi Hitam, identitasnya tidak di ketahui karena kalau muncul, gambarnya selalu kabur. Dia sering disebut oleh Gin sebagai "orang itu" (あの方 Anokata). Para penggemar Detektif Conan telah membuat banyak teori mengenai siapakah pemimpin Organisasi Hitam sebenarnya.

Gin

Gin adalah seorang anggota Organisasi Hitam yang memiliki posisi tinggi dalam organisasi tersebut. Dia selalu mengendarai Porsche 356A hitam. Dia memiliki rambut panjang yang berwarna emas kekuningan. Gin telah meminumkan racun APTX 4869 pada Shinichi Kudo.

Vodka

Rekan Gin yang juga anggota dari Organisasi Hitam. Kerap diperlihatkan menjalankan aksinya bersama-sama Gin. Ceroboh dan mudah dikelabui apabila tidak bersama dengan Gin yang sering ia sebut "Kakak". Sempat berhasil dijebak oleh Conan, namun gagal.

Vermouth

Nama aslinya Chris Vineyard. Seorang aktris besar di Amerika Serikat yang bakat aktingnya luar biasa dan pandai menyamar. Sangat cantik dan cerdas. Kemungkinan besar merupakan sosok yang sama dengan Sharon Wineyard, yang dikamuflasekan sebagai ibunya sendiri dengan meminum formula misterius organisasi yang dapat memudakan usianya kembali. Di Jepang menyamar sebagai Dr. Araide. Kalimat yang sering diucapkan: "a secret makes a woman woman"
Vermouth merupakan anggota utama dalam organisasi hitam. Vermouth memiliki kemampuan menyamar seperti Yukiko Kudo. Keduanya merupakan teman sekelas saat belajar akting kepada pesulap kelas dunia, Toichi Kuroba. Vermouth adalah anggota yang paling disayangi Boss organisasi hitam.
Vermouth mengetahui identitas Conan sebagai Shinichi Kudo dan Ai Haibara sebagai Sherry, tapi tidak memberitahukannya kepada anggota organisasi yang lain.

Chianti

Chianti adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam yang bertugas sebagai penembak jitu (sniper). Pertama kali mucul dalam Manga Detektif Conan Volume 48

Korn

Korn adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam yang bertugas sebagai penembak jitu (sniper). Pertama kali mucul dalam Manga Detektif Conan Volume 48

Bourbon

Bourbon adalah anggota baru Organisasi Hitam. Menurut informasi yang disampaikan Kir, Bourbon adalah anggota yang pandai menginspeksi, mengumpulkan informasi, dan berwawasan luas. Ai Haibara mencurigai Subaru Okiya yang tinggal di rumah Shinichi Kudo sebagai Bourbon.

Kichiro Numabuchi

Kichiro Numabuchi adalah pembunuh menyeramkan yang pertama kali muncul sebagai tersangka dalam pembunuhan besar-besaran di Osaka dalam Volume 19. Kemudian, dia ternyata telah digunakan oleh Organisasi Berbaju Hitam sebagai pembunuh, tetapi ia akhirnya terbukti tidak berguna bagi mereka. Dia akan dikirim ke laboratorium Sherry yang menguji APTX 4869 pada dirinya, tetapi dia melarikan diri. Dia kemudian pergi bersembunyi, bersalah membunuh orang-orang yang dia yakini sebagai anggota organisasi yang dikirim untuk mendapatkannya. Seiyu-nya adalah Naoki Tatsuta, aktor suara bahasa Inggris-nya adalah Barry Yandell. Dia dikenal Graver Kornelius Sebagai Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat

Anggota yang telah meninggal

Calvados

Calvados adalah sniper yang membantu Vermouth yang hampir membunuh Jodie, pada akhir Episode 345 & Manga Volume 42, dia akhirnya bunuh diri.

Akemi Miyano

Akemi Miyano (dengan nama samaran Masami Hirota dalam organisasi) adalah kakak dari Shiho Miyano (Ai Haibara). Dalam jilid kedua, Masami Hirota ditembak oleh Gin dalam kasus pencurian uang sebesar 1 milyar Yen. Ia menginginkan adiknya, Sherry dikembalikan dan dilepaskan dari organisasi, tapi organisasi menolaknya dan malah menembaknya. Akemi Miyano juga merupakan pacar dari Shuichi Akai, anggota FBI berdarah Jepang yang mendekati Akemi untuk mendapatkan informasi seputar dengan kepala penelitian APTX 4869, tetapi pendekatan itu diketahui oleh organisasi dan tidak membuahkan apapun, melainkan Akemi ditembak sehingga Shuichi memiliki dendam yang besar kepada Gin dan anggota organisasi lainnya.
Awalnya, Akemi dan Shiho terlibat dalam organisasi hitam karena orangtua mereka yang bernama Atsushi Miyano dan Elena Miyano (yang berasal dari Amerika Serikat dan mempunyai code name Hell Angel). Oleh Conan, Atushi Miyano disebutkan sebagai "Ilmuwan gila yang diusir dari dunia pengetahuan", karena ingin menciptakan obat yang dapat membangkitkan orang mati kembali.

Atsushi Miyano

Atsushi Miyano adalah ayah dari Shiho Miyano dan Akemi Miyano. Dia merupakan suami dari Elena Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuwan di Organisasi Hitam. Dia telah bekerja dalam suatu obat primitif yang nantinya akan jadi obat bernama APTX4869 . Dia disebut sebagai The Mad Scientist (Ilmuwan gila) dalam komunitas ilmuwan. Namun Profesor Agasa menyebutnya sebagai orang yang baik dan penyabar. Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai "kecelakaan" bersama istrinya ketika Shiho masih sangat muda.

Elena Miyano

Elena Miyano adalah ibu dari Shiho Miyano dan Akemi Miyano. Dia merupakan istri dari Atsushi Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuwan di Organisasi Hitam. Dia lahir di Inggris, namun mencintai Atsushi Miyano sehingga dia pun tinggal di Jepang. Dia dikatakan sebagai wanita yang pendiam & pemalu. codename yang diberikan Organisasi kepada dia adalah Hell Angel (Malaikat Neraka). Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai "kecelakaan" bersama dengan Atsushi Miyano ketika Shiho masih sangat muda. Di suatu kasus, Shiho menemukan rekaman suara ibunya yang ditujukan kepada Shiho.

Kusuda Rikumichi

Kusuda Rikumichi adalah seorang anggota Organisasi Hitam yang mengajukan sebagai pasien dengan harapan Rena Mizunashi terlacak, namun Conan dan FBI berhasil menemukan dia. Ia melarikan diri dari rumah sakit, sehingga Conan dan Shuichi mengejarnya, tapi ia bunuh diri karena alasan yang tidak diketahui sebelum mereka berhasil mendapatkan informasi. Dia pertama kali diperkenalkan pada volume 57. Namun, ia dapat dianggap sebagai orang misterius yang disebut oleh anak laki- laki (yang menyaksikan Kasus Kir) bahwa ia telah melihat Rena Mizunashi. Seiyu nya adalah Mitsuo Iwata.

Pisco

Pisco (ピスコ Pisuko) atau Kenzo Masuyama (枡山 憲三 Masuyama Kenzou) adalah seorang pembunuh dari Organisasi Hitam. Gin membunuhnya karena melanggar kode kerahasiaan Organisasi Hitam setelah ditangkap di kamera saat ia melakukan pembunuhan. Seiyu-nya adalah Yasuo Maramatsu.

Tequila

Tequila (テキーラ Tekiira) adalah seorang anggota intimidasi tinggi Organisasi Hitam yang digunakan untuk otot orang-orang ke dalam pembuatan kesepakatan dengan sindikat. Dia tewas karena ledakan bom koper yang sebenarnya ditujukan untuk orang lain. Seiyū-nya adalah Kōsei Hirota dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Andrew Chandler.

Mantan anggota

Sherry

Shiho Miyano (宮野志保 Miyano Shiho) atau "Sherry" (シェリー) / Ai Haibara (灰原哀 Haibara Ai) adalah mantan anggota Organisasi Hitam setelah kakaknya, Akemi Miyano, terbunuh di tangan Gin. Perempuan yang cerdas dan serius. Melalui tangannya susunan formula misterius warisan orang tuanya yang juga bekerja pada organisasi ia menciptakan APTX 4869 untuk organisasi yang telah mengecilkan tubuhnya serta Shinichi Kudo.

Rye

Shuichi Akai (赤井 秀一 Akai Shūichi) adalah mantan anggota Organisasi Hitam. Saat bergabung, dia berkode nama Rye. Dia bergabung ke dalam organisasi dengan tujuan untuk memata-matai, namun pada akhirnya diketahui karena kecerobohan Andre Camel.

APTX 4869

APTX 4869 (4869 (四八六九 Yon-Hachi-Roku-Kyuu atau Shi-Ya-Ro-Ku (Sherlock))) yang bernama sandi (code name) "Detektif Prototip", adalah sebuah toksin fiksi dan sebuah turunan eksperimen formula keabadian yang dikembangkan oleh Shiho Miyano, yang digunakan oleh Organisasi Hitam sebagai sebuah racun yang mematikan tetapi tidak terlacak. APTX adalah singkatan dari "Apotoksin" (Inggris : Apotoxin), dan sesuai dengan namanya, racun ini melibatkan pengaktifan apotosis yang tidak terkendali yang menyebabkan kematian dengan penghancuran sel. Selain itu, racun ini juga dapat mengaktifkan telomerase. Namun, dalam kasus yang sangat jarang, racun ini menyebabkan apotosis non-neural saja dan apotosis akan stabil pada saat tertentu, menyebabkan usia korban tampak menurun (lebih muda). Shinichi Kudo, tokoh utama seri Detektif Conan, adalah korban racun ini yang menemui kasus keracunan yang sangat jarang ini; selanjutnya Shiho Miyano, yang mencoba bunuh diri dengan racun yang dibuatnya, menjadi korban kedua yang menemui kasus keracunan yang sangat jarang ini.
Sepanjang seri ini, ada beberapa kasus dimana racun ini dinetralisir dan Shinichi & Shiho kembali ke bentuk usia mereka yang sebenarnya. Bahan utama untuk pembalikan ini adalah sebuah komponen yang ditemukan di akar ginseng Cina, schnaps, dimana Ai Haibara (Shiho) telah telah mencoba mengembangkan sebuah pritotip obat penawar untuk racun ini. Pada keadaan dimana Shinichi ataupun Shiho kembali ke bentuk usia mereka yang sebenarnya, resipien menderita flu biasa ketika komponen dicerna, ini menunjukkan bahwa sistem imunitas (kekebalan tubuh) harus diserang sebelum obat penawar bekerja.

No comments:

Post a Comment