Sunday, 26 December 2010

All about Detective Conan II

Jilid dari manga Detektif Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Gōshō Aoyama. Di Jepang, Detektif Conan telah diterbitkan di Weekly Shonen Sunday-nya Shogakukan sejak 2 Februari 1994. Sejak terbitnya Detektif Conan, lebih dari tujuh ratus bab telah dirilis di Jepang. Masing-masing bab (file) dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume tankōbon. Jilid pertama ini dirilis pada 18 Juni 1994; sampai dengan 18 November 2010, 70 volume telah dirilis. Viz Media (penerbit Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat dan Kanada) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan 35 jilid dirilis per 13 Juli 2010. Elex Media Komputindo merupakan penerbit Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia. Elex Media Komputindo telah menerbitkan sampai volume 58 sampai dengan Oktober 2010.
Ada 3 edisi Detektif Conan yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Elex Media Komputindo, yaitu:
  • Detektif Conan edisi reguler berupa volume berbentuk tankobon yang isinya telah diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia.
  • Detektif Conan Edisi Spesial yaitu edisi yang setiap bab (file)-nya berisi 1 kasus dan kasus- kasus tersebut adalah kasus yang pendek.
  • Detektif Conan Seri Animasi TV

Episode dari serial anime Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation. Serial anime ini pertama kali diputar pada 8 Januari 1996 dan ditayangkan di Nippon Television Network System dan Animax di Jepang. Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.
Sampai dengan Agustus 2010, 18 musim dan 153 volume secara keseluruhan telah dirilis oleh Shogakukan. Lima kotak koleksi DVD dari adaptasi Inggris dari anime telah dirilis oleh Funimation Entertaiment di antara tanggal 22 Juli 2008 and 12 Mei 2009. Kotak DVD telah dirilis ulang dalam edisi Viridian dari tanggal 14 Juli sampai dengan 23 Maret 2010.

Empat belas film tuturan telah dirilis yang berasal dari seri Detektif Conan. Film- film tersebut telah dirilis pada bulan April sejak tahun 1997. Setiap film layar lebar memiliki jalur plot tesendiri, dan bukan merupakan adaptasi dari cerita manganya. Diantara 14 film ini, ada 12 film yang ditayangkan di Indosiar, yaitu movie 1-12.

Berikut ke 14 movie detective Conan :

Lupin III vs Detective Conan (ルパン三世 vs 名探偵コナン Rupan Sansei vs Meitantei Konan) merupakan spesial televisi pertama dari serial Detektif Conan. Episode ini menceritakan tentang Conan yang bertemu dengan Lupin III yang berusaha mencuri mahkota ratu kerajaan Vespania yang pada akhirnya mengungkap siapa pembunuh ratu kerjaaan Vespania. Episode ini ditayangkan pada 27 Maret 2009
Detective Conan Special: Secret of the Birth of Kaitō Kid (名探偵コナンスペシャル 「怪盗キッド誕生の秘密」 Meitantei Conan Supesharu 「Kaitō Kiddo Tanjou no Himitsu」) merupakan spesial TV yang kedua dari serial Detektif Conan. Episode ini ditayangkan pada 24 April 2010. Episode ini sebenarnya adalah anime episode pertama dari serial Magic Kaito.

Sebuah drama berjudul Detective Conan: Shinichi Kudo's Written Challenge (名探偵コナン- 工藤新一への挑戦状 "Meitantei Konan: Kudo Shinichi he no Chosenjo") diproduksi oleh Yomiuri Telecasting Corporation dan ditayangkan pada tanggal 2 Oktober 2006. Drama ini adalah pendahuluan dari jalur cerita saat ini, yaitu sebelum tubuh Shinichi menyusut menjadi Conan. Drama ini dibintangi oleh Shun Oguri sebagai Shinichi Kudo, Tomoka Kurokawa sebagai Ran Mouri, dan Takanori Jinnai sebagai Kogoro Mouri.
Drama kedua berjudul Shinichi Kudo Returns! Showdown with the Black Organization (工藤新一の復活!~黒の組織との対決 "Kudo Shinichi no Fukkatsu! Kuro no Soshiki to no Taiketsu") ditayangkan pada tanggal 17 Desember 2007. Di dalam drama ini, Gin dan Vodka melanjutkan pencariannya terhadap Sherry, tetapi mereka tidak mengetahui bahwa Ai dan Conan telah memakan kue pada upacara penanugerahan Miss Japanesque yang memiliki Baigar sebagai komposisinya, jadi tubuh mereka besar kembali menjadi semula. Dalam drama ini, terdapat pemeran baru yaitu Yuu Kashii sebagai Shiho Miyano (Kyoka Shibata sebagai Ai), Kuranosuke Sasaku sebagai Gin, Okada Taro sebagai Vodka, Ryosei Tayama sebagai Agasa, dan Nao Fujisaki sebagai Conan.
Kedua drama tersebut dirilis dalam sebuah DVD edisi reguler dan edisi terbatas masing- masing pada 23 Maret 2007 dan 28 Maret 2008.

Jalur suara dari seri Detektif Conan ditulis dan diaransemen oleh Katsuo Ono. Dua puluh tujuh album jalur suara, diproduksi oleh Polydor Records dari Universal Music Group, telah dirilis untuk seri anime dan film Detektif Conan.
  • Detective Conan: Original Soundtrack 1 dirilis pada tanggal 21 Februari 1996 dan berisi 20 lagu.
  • Detective Conan: Original Soundtrack 2 dirilis pada tanggal 2 Mei 1996 dengan 70 lagu.
  • Detective Conan: Original Soundtrack 3 dirilis pada tanggal 25 November 1996 dengan 27 lagu.
  • Detective Conan: Original Soundtrack 4 ~Let's go! Detective Boys~ dirilis pada tanggal 25 April 2001 dengan 28 lagu.
Tiga album dirilis dengan berisi koleksi lagu jalur suara "terbaik" di dalam seri anime.
  • Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best dirilis pada tanggal 27 November 1997 berisi 30.
  • Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best 2 dirilis pada tanggal 17 Desember 2003 berisi 22 lagu.
  • Detective Conan TV Original Soundtrack: Selection Best dirilis pada tanggal 5 Desember 2007.
Empat single dirilis oleh Universal Music Group, yaitu:
  • Lagu tema Detektif Conan (bahasa Inggris: Detective Conan Main Theme) dirilis pada tanggal 23 April 1996
  • "If Your Here" (キミがいれば "Kimi Ga Ireba") dirilis pada tanggal 25 Januari 1996
  • "If Your Here, If I Have You" ~Theme of Conan~ (ぼくがいる~コナンのテーマ~ "Kimi Ga Ireba Ba Bokuga Iru" ~Conan no Teema~) dirilis pada 26 September 1997
  • Our Memories ~Memories~ (想い出たち ~想い出~ Omoide Tachi ~Omoide~) dirilis pada tanggal 28 Desember 2005.
Dua album foto juga dirilis oleh Universal Music Group :
  • '"If I have" TV anime Detective Conan Image Song Album (ぼくがいる~TVアニメ「名探偵コナン」イメージソングアルバム "Bokuga Iru" TV anime Meitantei Conan Imeeji Songu Arubamu) dirilis pada 22 Oktober 1997
  • Detective Conan All Character Best Songs in School (名探偵コナン・キャラクター・ソング集 帝丹小学校に全員集合!! Meitantei Conan・ Kyarakutaa・ Songu Shuu Mikado ni Shoogakko ni zenin shuugoo!!) dirilis pada 25 Januari 2006.
Tujuh puluh sembilan lagu tema dari seri anime Detektif Conan telah dirilis; 29 lagu pembuka, 36 lagu penutup, dan 14 lagu tema dari film tuturan dari seri ini. Universal Music Group merilis singel 2 lagu pembuka pertama, 2 lagu penutup pertama, dan lagu tema film pertama. Semua lagu tema selanjutnya diproduksi dan dirilis oleh Being Incorporated. Being Inc selanjutnya merilis 3 album koleksi lagu tema yang berjudul "The Best of Detective Conan", "The Best of Detective Conan 2", "The Best of Detective Conan (The Movie Themes Collection)", dan "The Best of Detective Conan 3"

Pada tahun 2001, manga Detektif Conan memenangkan Penghargaan Manga Shogakukan ke-46 untuk kategori shōnen. Lebih dari 120 juta kopi dari volume tankōbon telah terjual. Dalam sebuah survei untuk manga dengan penjualan terbanyak di Jepang pada tahun 2008, Detektif Conan volume 61, 62, dan 63 secara berurutan menempati peringkat ke-25, 28 dan 45; dan secara keseluruhan telah terjual 160 volume. Dalam sebuah survei pada semester pertama tahun 2009, volume 64 menempati peringkat ke-16 dan pada semester pertama tahun 2010, volume 67 menempati peringkat 18.
Peninjau dari Mania.com, Eduardo M. Chavez, memuji gaya seni Gōshō Aoyama dan bagaimana caranya gaya tersebut cocok untuk sebuah serial misteri. Dia juga mengomentari drama, ketegangan, perbuatan dan humor yang mampu memikat pembaca dari segala usia dan dia juga memuji plot, humor, dan dramanya. Dia mengkritik dan juga kecewa atas perubahan nama karakter Detektif Conan oleh Viz Media pada versi bahasa Inggris. A.E. Sparrow dari IGN memuji kasus dan menyatakan plot dari seri ini berada diantara Scooby-Doo dan Sherlock Holmes. Leroy Douresseaux dari Comicbin.com menyebutkan ceritanya menarik meskipun skema kejahatan yang kurang masuk akal digunakan untuk melakukan pembunuhan. Mangalife.com juga memuji misteri dan gaya seni seri ini, dan mengomentari bagaimana cara karakter tersebut tajam dan ekspresif.
Sebuah survei nasional yang dipandu oleh TV Asahi menyatakan popularitas seri ini berada pada peringkat 6 besar, ke-8 pada survei daring, pada 2005 dan 23 pada tahun 2006. Pada kompetisi tahunan Tokyo Anime Awards ke-5, film ke-9 dari seri ini memenangkan kategori Film Tuturan (bahasa Inggris: Featured Film). Rilis cakram Blu-ray dari film ke-13 dianugerahi Penghargaan Interaktivitas Terbaik oleh Digital Entertainment Group Japan.
Karena popularitas yang tinggi, beberapa lembaga pemerintah Jepang telah menggunakan seri ini untuk mempromosikan kebijakan-kebijakan pemerintah seperti untuk memperkenalkan Konferensi Tingkat Tinggi G8 ke-34 dan digunakan untuk mempromosikan memerangi kejahatan umum. Patung Shinichi Kudo, Conan Edogawa, dan Ran Mouri dapat ditemukan di Hokuei, Prefektur Tottori, Jepang, kota kelahiran Gōshō Aoyama, pengarang Detektif Conan.

No comments:

Post a Comment